Beberapa Jenis obat Terlarang Yang Populer Serta Sering Disalahgunakan

Beberapa Jenis obat Terlarang Yang Populer Serta Sering Disalahgunakan

Banyak orang beranggapan bahwa narkoba atau narkotika dan obat terlarang adalah obat yang sepenuhnya berbahaya dan dilarang untuk dikonsumsi. Hal ini tidak sepenuhnya salah, tapi orang seringkali salah kaprah atau memiliki pemahaman yang kurang tepat tentang obat-obatan ini. Kenyataannya, obat-obatan ini memang terlarang, tapi fungsinya tetap ada dalam dunia medis. Kategori sebagai obat yang terlarang lebih untuk merujuk pada penggunaannya yang tidak bisa dilakukan sendiri, dan harus dengan pantauan serta resep dari dokter.

Dalam hal ini, obat terlarang umumnya memiliki efek yang sangat dibutuhkan dalam proses anestesi. Hal ini karena obat-obatan terlarang ini digunakan untuk mempengaruhi sistem saraf. Ketika digunakan berlebihan dan tanpa pemantauan dari dokter, hal ini memberikan dampak buruk pada kejiwaan, dan karena itulah obat ini sangat dilarang untuk disalahgunakan. Berikut ini adalah beberapa obat tersebut.

  • Morfin

Yang pertama adalah morfin. Morfin ini adalah jenis obat yang bersifat analgesik, dan zat yang diperlukan ini ditemukan di tanaman bernama opium. Karena itu pula, terkadang morfin ini juga disebut opium. Fungsi utama dari obat ini adalah untuk menghilangkan rasa sakit.

  • Heroin

Obat kedua adalah heroin, atau yang biasa juga dikenal sebagai putaw. Obat ini bisa dibilang sebagai penyempurnaan dari morfin, dengan efek yang lebih kuat. Karena itu, efek dari obat ini bisa langsung berimbas pada sel otak, dan penggunaannya sangatlah perlu dalam dalam pengawasan ketat.

  • Ganja

Ganja atau marijuana ini menjadi obat yang terlarang dan juga relatif sering disebut serta disalahgunakan. Efek utamanya adalah untuk menciptakan suatu fantasi serta euforia atau rasa senang yang berkepanjangan. Padahal, fungsinya dalam dunia medis sebenarnya sangatlah penting.

Itulah beberapa obat-obatan terlarang yang cukup sering didengar dan banyak disalahgunakan di masyarakat. Obat-obatan ini memiliki efek yang sangat kuat pada sel saraf dan otak. Konsumsi obat ini juga sangat mempengaruhi kondisi kejiwaan seseorang. Karena hal itu, penggunaan obat terlarang ini memang harus dalam takaran yang tepat, dan umumnya harus dengan resep dan pengawasan dari dokter secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *